Senin, 26 Januari 2015

mengenal komputer dan operasionalnya

Kata komputer tak asing bagi kita semua baik anak kecil hingga dewasa, disini menerangkan tentang apa sich komputer? dan apa kegunaannya bagi pengguna? nah disini aku akan membagi pengertiannya.

Pengertian komputer


Komputer merupakan suatu rangkaian peralatan elektronik yang bekerja secara bersama-sama yang membentuk suatu sistem kerja yang rapi dan teliti Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya. didalamnya terdapat hardware, software, dan brainware.


  • hardware berasal dari kata "hard" yang berarti keras, maka hardware adalah perangkat keras komputer, dalam istilah mudahnya perangkat komputer yang semuanya keras, seperti: layar (monitor), mouse, keyboard hard disk, dan lain-lain. macam-macam hardware terdiri dari input, output, penyimpanan, pemrosesan dan komunikasi. 
  • software merupakan kebalikan dari hardware, karena dari kata soft yang berarti lunak jadi software mengandung pengertian perangkat lunak komputer. software terbagi menjadi dua diantaranya:  yang pertama software operating system yang merupakan satu program atau perangkat linak yang bertugas untuk menghubungkan  perangkat keras ayng tersambung kedalam komputer agar supaya bisa bekerjasma dan berjalan sesuai rencana, dan juga sebagai perantara antara pemakai (user) dan hardware, misalnya: Linux, Windows XP, Unix dan lain-lain.  yang kedua software aplikasi,,, software ini merupakan perangkat lunak yang mendukung sistem operasi yang biasa digunakan untuk keperluan membantu kerja manusia sehari-hari seperti pengolahan data, pengolahan gambar, pengolahan angka dan masih banyak lagi, contoh untuk perangkat ini adalah software pengolahan kata (word processing seperti open office, microsoft word, wordpad), software pnegolahan angka (microsoft excel, open office calc), software untuk base (MS. acces, delphi), software untuk pengolahan gambar (coreldrawadobe photoshop, paint), brainwair yaitu merupakan istilah yang menunjuk pada orang yang bekerja berhubungan dengan komputer, istilah tersebut antara lain user/operator,adminitrator.
macam-macam sistem operasi komputer
 1. mekanisme boot: meletakkan kernel kedalam memori kernel, kernel dapat dikatakan sebagi inti dari sistem operasi.
2. command interprenter atau dikenal dengan nama shell, bertugas sebagai membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dpat dipanggil oleh aplikasi/program maupun peranti lunak lain.
3. driver: berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.
4. resource allocator: bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
5. handler: berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan atau "error" dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar